25 Objek Wisata di Bima yang Jarang Diketahui Banyak Orang

objek wisata di Bima

Selama ini Lombok sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia selain Bali atau Wakatobi.  Baik wisatawan lokal hingga mancanegara berbondong-bondong datang setiap hari. Padahal bila mau bergeser sedikit ke sebelah timur, kamu akan menemukan tempat wisata yang tidak kalah cantiknya. Masih di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Kabupaten Bima.

Tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Bima pernah dipimpin oleh Kerajaan Hindu pada abad 13 Masehi hingga berubah menjadi Kesultanan Islam sejak tahun 1620. Sistem pemerintah kesultinan kemudian dihapus 13 tahun sejak Indonesia merdeka, yaitu tahun 1958. Nah, Istana Kesultanan Bima adalah salah satu daya tarik wisata di Bima.

Selain itu, apa lagi sih yang menarik dari daerah asli Suku Mbojo ini? Berikut ini 25 rekomendasi tempat wisata di Bima yang belum banyak orang tahu

  1. Museum Asi Mbojo
Gambar Museum Asi Mbojo
Museum Asi Mbojo (c) Kompas.com

Museum Asi Mbojo atau yang dulunya merupakan Istana Kesultanan Bima adalah bangunan yang sangat bersejarah karena menyimpan banyak sekali memori dan informasi di masa lalu. Termasuk tentang Presiden Pertama Indonesia yang pernah datang ke istana ini, sebelum sistem Kesultanan yang resmi dihapus pada tahun tahun 1958.

Meski saat ini sudah beralih fungsi menjadi museum, namun keagungannya tetap tidak pudar. Terlihat dari komplek istana yang dikelilingi oleh taman dan beberapa meriam peninggalan Belanda. Bahkan saat memasuki museum, kamu bisa naik ke lantai atas untuk melihat langsung kamar tidur Presiden Soekarno. Kamar ini masih terjaga keasliannya.

Nah, tertarik datang? Salah satu wisata di Bima ini terletak di Jalan Sultan Ibrahim nomor 2 di Kota Bima.

2. Pantai Lawata

Gambar Pantai Lawata
Pantai Lawata (c) @indra_arif.b

Berada di pinggiran kota, pantai ini biasanya dijadikan sebagai tempat favorit bagi anak muda untuk nongkrong di sore atau malam hari. Kenapa? Ini karena lokasinya yang cukup dekat dari pusat kota, yaitu hanya 10 menit saja.

3. Pantai Oi Caba

Gambar Pantai Oi Caba Bima
Pantai Oi Caba Bima

Siapa pun pasti tahu bahwa air pantai pasti rasanya asin, lalu bagaiamana bila ternyata ada air pantai yang rasanya tawar? Kamu akan tahu jawabannya bila datang ke Pantai Oi Caba, salah satu wisata unik di Bima. Pantai dengan ciri khas airnya yang tidak asin.

4. Pantai Lariti

Gambar Pantai Lariti
Pantai Lariti

Pantai Lariti adalah salah satu wisata di Bima yang sedang hits akhir-akhir ini, hal ini karena tampilannya yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Sape Bima, tepatnya di Desa Soro, Kecamatan Lambu. Selain itu lokasi pantai ini juga tidak jauh dari Pelabuhan Sape, pelabuhan untuk menuju Nusa Tenggara Timur.

 Mulai dari infrastruktur seperti jalan, sampai fasilitas seperti toilet, jalan pedestarian hingga taman di sekitarnya membuat pantai ini jauh berbeda dibandingkan dulu. Apalagi pantai ini cukup terkenal dengan fenomena lautnya yang terbelah. Jadi jangan kalah hits untuk melewatkan Pantai Lariti versi terbaru ini.

5. Pantai Tanjung Meriam

Gambar Pantai Tanjung Meriam
Pantai Tanjung Meriam

Berada di Kecamatan Sape, kamu bisa menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Tanjung Meriam. Yang unik dari pantai ini adalah tumpukan batu yang berjejer di sisinya. Batu membentuk susunan tak beraturan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

6. Situs Wadu Pa’a

Telah diketahui bahwa pada masa lalu Bima pernah dipimpin oleh Kerajaan Hindu, yaitu pada abad ke 14. Situs Wadu Pa’a adalah salah satu bukti peninggalannya. Tapi setelah diteliti oleh para arkeolog ternyata situs ini jauh lebih tua, karena diperkirakan telah ada sejak abad ke 8 masehi.

Berdasarkan kesimpulan para arkeolog, Wadu pa’a yang dalam bahasa Bima artinya adalah batu pahat merupakan tempat pemujaan agama Hindu dan Budha pada masa itu. Hal itu dibuktikan dengan adanya patahan relief Budha, Lingga, Chattra, Ganesha dan Siwa Mahaguru. Relief tersebut ada pada tebing yang berada di pinggir pantai.

Panasaran dan ingin melihat salah satu situs bersejarah di Bima? Datang saja langsung ke Kananta, di Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima.

7. Pantai Wane

Gambar Pantai Wane
Pantai Wane (c) Pantainesia.com

Pantai Wane adalah salah satu pantai dengan pasir putih, airnya yang jernih dan ombak yang cukup besar di Kabupaten Bima. Meski memakan waktu lama dalam perjalanan, namun semua akan terbayar saat kamu sampai di lokasi. Selain itu di sana juga terdapat villa atau penginapan yang bisa dijadikan tempat bermalam.

Banyak pula yang mengatakan pantai ini sebagai salah satu pantai terindah di Bima.

8. Cagar Budaya Uma Lengge

Gambar Wisata Budaya Uma Lengge
Wisata Budaya Uma Lengge (c) travelingyuk.com

Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki kekayaan adatnya masing-masing. Salah satu yang masih dijaga hingga saat ini adalah rumah adat di setiap daerah. Uma Lengge adalah salah satu warisan budaya itu,terletak di Bima, Nusa Tenggara Barat. Uma Lengge merupakan rumah adat Bima yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Saat ini, rumah khas Bima masih bisa kamu temui di beberapa kecamatan seperti Donggo, Lambitu dan Wawo. Rumah-rumah adat yang masih kokoh hingga saat ini kerap dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahannya.

Uma artinya rumah, dan Lengge artinya kerucut. Bahan utamanya terdiri dari empat buah tiang kayu dan alang-alang yang sebagai atapnya. Dulu, bangunan yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki fungsi yang beragam. Di antaranya adalah lantai satu untuk tempat tidur serta tempat menerima tamu, untuk lantau dua digunakan sebagai dapur dan lantai terakhir sebagai tempat menyimpan makanan.

9. Pantai Pink

Gambar Pantai Pink
Pantai Pink (c) @ama_bibu, @lemboadetrip

Tidak hanya di Flores dan Lombok saja, ternyata ada wilayah lain yang juga memiliki pantai berwarna pink, yaitu di Bima, Nusa Tenggara Barat. pantai Pink Bima terletak di Kecamatan Lambu dan Sape, wilayah paling ujung di bagian timur Kabupaten Bima.

Memiliki ombak yang tenang, air yang jernih dan bersih membuat pantai ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu wisata Bima yang tidak boleh dilewatkan. Namun untuk sampai di pantai ini sebelumnya kamu harus menyebrang dengan menyewa sebuah perahu.

Bila kamu datang bersama rombongan, alangkah baiknya untuk menyewa sebuah perahu karena akan mendapatkan harga yang lebih murah. PP untuk sebuah perahu hanya sebesar Rp 1 juta dan bisa memuat belasan orang.

10. Pulau Ular

Gambar Pulau Ular
Pulau Ular (c) @awan_dhar

Di antara beberapa objek wisata di Bima yang telah di sebutkan, Pantai Ular atau Pulau Ular ini adalah salah satu yang cukup menantang. Kenapa tidak? Datang ke pulau ini itu artinya kamu sudah siap menanggung resikonya. Dan resikonya adalah disambut oleh puluhan atau bahkan ratusan ular laut yang menghuni pulau ini.

Pulau ini terletak di Desa Pai, Kecamatan Wera. Merupakan habitan asli bagi ular laut yang khas dengan warna loreng hitam-putih. namun meski dihuni oleh banyak sekali ular laut, tak ada warga yang mau mengambil ular tersebut dan membawanya pulang. Hal ini lantaran ular tersebut dianggap sebagai penjaga pulau dan penduduk setempat menyakralkannya.

11. Pantai Kelapa

Gambar Pantai Kelapa
Pantai Kelapa (c) @ama_bibu

Pantai Kelapa atau Pulau Kelapa merupakan salah satu objek wisata Bima yang berada di Nggelu, Lambu. Merupakan salah satu wisata tersembunyi di Bima yang karena masih sangat sepi dan belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini.

Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh panorama perbukitan yang menawan. Deretan bukit-bukit cantik ini dan tenangnya air pantai membuat siapa pun sulit untuk berpaling dari keindahannya.

12. Pantai So Dau

Gambar Pantai So Dau
Pantai So Dau (c) @uyes_assegaf

Pantai So Dau terletak di Kecamatan Lambu, merupakan sebuah pantai yang dikelilingi oleh deretan perbukitan yang cantik. Airnya juga cukup tenang sehingga aman untuk berenang. Pemandangan dari atas bukit juga cukup mengagumkan.

13. Bukit Pundu Nence

Gambar Bukit Pundu Nence
Bukit Pundu Nence (c) @septias_wulandari

Terletak di Kecamatan Rasanae Timur, bukit Pundu Nence merupakan salah satu destiniasi wisata di Bima yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka berwisata ke dataran tinggi atau anak gunung, juga kamu yang suka wisata alam. Bukit Pundu Nence.

14. Gunung Tambora

Gambar Gunung Tambora
Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah salah satu gunung dengan letusan paling dahsyat sepanjang sejarah dunia. gunung ini pernah meletus tahun 1815 dengan suara yang terdengar hingga radius 2.000 kilometer. Letusan yang menyebabkan sekitar 71.000 korban jiwa dan hujan abu di Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Maluku. Bukan hanya itu, letusannya juga menyebabkan 3 kerajaan di Dompu dan Bima dinyatakan hilang.

Sejarah kelam tersebut telah berlalu dan saat ini justru menjadi daya tarik wisata Bima yang harus kamu kunjungi. Secara administratif, Gunung Tambora masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Sebelum meletus Gunung Tambora memiliki tinggi mencapai 4.300 mdpl, namun kini hanya tersisa setengahnya, yaitu 2.850 mdpl.

Gunung yang saat ini sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional Tambora ini memiliki kawah dengan diameter 7 kilometer, menjadikannya yang terluas di dunia. Berkesempatan mendaki hingga puncak, kamu juga bisa menyaksikan gunung banyak sekali bunga edelwies yang tumbuh di bibir kawahnya.

Untuk bisa sampai di puncak, sebelumnya kamu perlu menaiki kendaraan offroad hingga sampai di pos 5. Dari sini kamu akan memulai perjalanan mendaki dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan kamu bisa melihat keindahan hamparan padang rumput hingga kerbau dan sapi yang bebas mencari makan.

Tertarik berkunjung ke sini? Melihat sisa-sisa keganasan letusan gunung paling berbahaya.

15. Pantai Leppu

Gambar Pantai Leppu
Pantai Leppu (c) Musimliburan.com

Kabupaten Bima sangat kaya akan pantai-pantai indah, salah satunya adalah Pantai Leppu yang berada di Kecamatan Labangka. Memiliki pasir berwarna hitam kemerahan, pantai ini tergolong sepi karena belum banyak wisatawan yang berkunjung. Meski begitu jangan khawatir, karena pantai ini menawarkan keindahan yang memukau bagi setiap yang datang.

Namun sebelum sampai di Pantai Leppu kamu harus menempuh perjalanan yang cukup berat karena medan yang dilalui. Paling tidak, gunakan kendaraan offroad atau roda dua karena kendaraan roda empat biasa akan sulit melewati medan berat yang akan menghadang.

16. Goa Liang Dewa

Gambar Goa Liang Dewa
Goa Liang Dewa (c) @Andrigunanta

Masih di Labangka, kamu bisa sekaligus mengunjungi Goa Liang Dewa yang masih berada di kecamatan ini. Meskipun ukuran mulut goa tidak terlalu besar, yaitu tidak lebih dari 1 meter, namun bagian dalamnya cukup luas dan panjang. Terdapat dua ruangan di dalam goa yang panjangnya sekitar 100 meter, tinggi 8 meter dan lebar mencapai 17 meter.

Gambar Goa Liang Dewa Bagian Dalam
Goa Liang Dewa Bagian Dalam

Untuk memasuki goa ini sebaiknya gunakan pemandu lokal karena cukup berbahaya, apalagi di dalam cukup licin akibat kotoran kelelawar. Namun ada satu spot yang selalu menarik wisatawan, yaitu sebuah kolam kecil yang jernih.

17. Pantai Dewa

Gambar Pantai Dewa
Pantai Dewa (c) @ayokesumbawa

Alasan disebut Pantai Dewa adalah karena terdapat sebuah gua kecil yang bernama Gua Dewa di Pantai ini. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air yang jernih. Terdapat pula banyak pecahan batu karang berukuran raksasa yang sangat cocok sebagai tempat berfoto. Wisata ke Bima tak lengkap bila belum ke pantai ini.

18. Air Terjun Oi Marai

Gambar Air Terjun Oi Marai
Air Terjun Oi Marai (c) @jamilah.wae, @kharisgustriviandi

Oi Marai adalah salah satu air terjun di Bima yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu dindingnya terdiri dari bebatuan tak beraturan. Air terjun ini berada di Kecamatan Tambora, tepatnya di Desa Kawinda Toi.

19. Pantai Lawoli

Gambar Pantai Lawoli
Pantai Lawoli (c) @ama_bibu

Ada yang unik dari Pantai Lawoli, yang tidak dimiliki pantai kebanyakan, yaitu sebuah kolam alami di bibir pantainya. Kolam ini berasal dari air laut dan dikelilingi oleh dinding batu sehingga berbentuk seperti kolam. Berenang atau berendam bisa degan bebas kamu lakukan di sini tanpa terganggu oleh hantaman ombak.

Lokasi Pantai Lawoli berada di Desa Nggelu Kecamatan Lambu.

20. Pantai Sanumbe

Gambar Pantai Sanumbe
Pantai Sanumbe (c) @tongsengjamu, @sahrirhambuananga, @ratrirahayu97

Kamu suka snorkling atau menyelam ke dasar laut? Pantai Sanumbe adalah salah satu wisata yang seharusnya dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan bawah laut yang memesona. Menjadi salah satu destinasi wisata snorkling andalan di Bima karena memiliki beragam jenis ikan dan terumbu karang yang cantik.

21. Pantai Lakey

Gambar Pantai Lakey
Pantai Lakey (c) @joshsurridge123

Pantai Lakey adalah salah satu objek wisata di Bima yang sangat digemari oleh wisatawan asing. Hal ini lantarang ombak pada pantai ini yang sangat cocok sebagai tempat olahraga surfing. Bahkan pantai ini pernah menjadi tuan rumah Kompetisi Surfing Internasional dalam rangka memperingati 200 tahun erupsi Gunung Tambora.

22. Pulau Kambing

Gambar Pulau Kambing
Pulau Kambing (c) @kapalcelup

Bukan hanya Pulau Ular, Bima juga memiliki destinasi wisata serupa, yaitu Pulau Kambing. Namun berbeda dibanding Pulau Ular, di sini justru tidak terdapat satu pun Kambing. Pulau ini memiliki keindahan alami, baik di atas maupun bawah lautnya.

23. Hutan Mangrove Lambu

Gambar Hutan Mangrove Lambu
Hutan Mangrove Lambu (c) @ama_bibu

Salah satu wisata baru di Kabupaten Bima adalah Hutan Mangrove Lambu. Karena selain sebagai wisata, hutan ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu mencegah terjadinya abrasi. Namun setelah dikembangkan ternyata banyak wisatawan yang terus datang ke tempat ini.

Bahkan setiap hari rata-rata pendapatan dari tiket masuk dapat mencapai Rp 10 juta. Hutan Mangrove Lambu terletak di Kecamatan Lambu, tepatnya Desa Soro.

24. Balap Kuda di Pacuan Kuda Panda

Gambar Pacuan Kuda Panda Bima
Pacuan Kuda (c) Detik.com

Bila memiliki rencana mengunjungi Bima di bulan Oktober, sebaiknya jangan lewatkan untuk menonton perlombaan Pacuan Kuda. Hal ini lantaran setiap tahun di Bulan Oktober, Dinas Pariwisata Bima selalu menggelar Perlombaan Pacuan Kuda sebagai maksud promosi budaya Kabupaten Bima.

25. Bukit Bonto Kolo

Datang ke Bukit Bonto Kolo, kamu akan disuguhi pemandangan memukai dari Teluk Bima. Sangat cocok bagi kamu yang suka berfoto. Apalagi ada dek kayu yang menghadap langsung ke laut akan membuat fotomu semakin kece.  

Itu lah 25 destinasi wisata di Bima, mulai dari yang jarang diketahui hingga yang viral akhir-akhir ini. Nah, sudah menentukan akan berkunjung ke mana saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *