32 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga atau Backpacker

Objek Wisata di Jakarta

Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia. Hampir semua kegiatan terpusat di sana, mulai dari bisnis, industri hingga pemerintahan. Meski begitu jangan salah, karena ada banyak objek wisata di Jakarta yang tidak kalah menarik dibandingkan daerah-daerah wisata lainnya.

Salah satu yang cukup terkenal tentu saja Ancol atau Monas. Ketika orang lain sibuk mudik ke kampung halamannya di daerah, Jakarta akan terlihat jauh lebih lengang dan sepi. Bahkan jalanan yang biasanya macet parah nyaris seperti tidak ada kendaraan yang melintasinya. Momen seperti ini mungkin bisa Anda manfaatkan untuk berlibur di Jakarta.

Mau tahu tempat wisata di Jakarta lainnya yang tidak kalah menarik? Berikut ini 32 di antaranya.

  1. Pantai Ancol
Pantai Ancol (c) pantainesia.com

Pantai Ancol adalah salah satu pantai yang sangat populer di Jakarta. Bila Anda berkunjung ke Jakarta dan ingin mengunjungi wisata pantai atau keindahan alam, Pantai Ancol adalah destinasi yang tepat.

Meski terletak di pusat kota Megapolitan, Jakarta juga memiliki banyak pantai yang indah. Ancol adalah salah satunya. Begitu sampai Anda akan disambut oleh pasir keemasan yang membentang. Anda bebas bila ingin berenang, bermain pasir, berfoto atau menyewa pasir untuk berjemur.

Bukan hanya itu, di sini Anda akan dimanjakan oleh panorama indah seperti sunset dan sunrise nan romantis. Jadi jangan ragu untuk datang ke tempat wisata di Jakarta yang satu ini. Apalagi lokasinya yang sangat strategis dan dekat dengan taman bermain lainnya seperti Dunia Fantasi dan Seaworld.

2. Monas

Monas (c) jakarta-tourism.go.id

Salah satu destinasi wajib bila berkunjung ke Jakarta adalah Tugu Monumen Nasional atau yang biasa disingkat Monas. Destinasi wisata Jakarta yang satu ini nyaris selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sebelum masuk ke bagian dalamnya, terlebih dahulu Anda akan melewati tamannya yang luas dan asri.

Tugu Monas memiliki tinggi 132 meter, didirikan pada masa pemerintahan Soekarno untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajahan Belanda. Biaya masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Di dalamnya Anda akan menyaksikan berbagai diorama perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan Belanda. Bila ingin naik ke puncak Anda bisa menaiki lift dengan tambahan biaya Rp 7.500 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Dari puncak akan terlihat keindahan kota Jakarta.

Pastikan Anda datang di saat Monas belum tutup. Tugu Monas buka setiap hari mulai jam 08.00 – 21.00 waktu setempat. Untuk sampai ke Monas Anda bisa menumpang Trans Jakarta dengan tujuan Halte Monas.

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal (c) Dinarrizkikhairul Shutterstock

Bagi umat muslim, berkunjung ke Jakarta tidak lengap rasanya bila tidak ke Masjid Istiqlal. Apalagi bila Anda sedang berwisata di Tugu Monas, karena jarak antar keduanya sangat dekat. Sejak diresmikan pada tahun 1978, masjid yang mampu menampung sekitar 200.000 orang dalam satu kali waktu solat ini telah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Berkat kemegahan arsitektur yang tak lekang oleh zaman, hingga saat ini Masjid Istiqlal masih sering dijadikan sebagai objek foto nasional maupun internasional. Anda bisa datang untuk beristirahat, beribadah dan menikmati kemegahan bangunannya.

Bukan hanya untuk umat muslim, karena Masjid Istiqlal juga sangat terbuka untuk umum asal tidak datang di waktu solat dan dengan pakaian sopan. Yang lebih menarik lagi adalah Masjid Istiqlal berdekatan dengan Gereja Katedral, sebuah simbol yang melambangkan keberagaman Indonesia.

4. Gereja Katedral

Gereja Katedral (c) sesawi.net

Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal adalah lambang keberagaman yang dimiliki Indonesia karena lokasinya yang sangat berdekatan. Dibangun sejak tahun 1807, gereja ini merupakan yang tertua dan terindah di Indonesia. Gereja ini juga merupakan salah satu saksi bisu sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Gereja ini sangat berciri Eropa dengan gaya neo gotik dan sudah ditetapkan sebagai cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah sejak tahun 1993. Bukan hanya untuk umat Katolik, pengunjung umum pun diperkenankan melihat keindahan salah satu bangunan bersejarah ini. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai background foto prawedding.

5. Taman Mini Indonesia Indah

TMII (c) Indonesiaexplorer.net

Salah satu wisata yang tidak kalah populer selain Ancol atau Monas di Indonesia adalah Taman Mini Indonesia Indah yang biasa disingkat TMII. Yang paling terkenal di tempat ini adalah miniatur pulau-pulau seluruh Indonesia dan replika rumah adat setiap daerah. Taman ini benar-benar menggambarkan Indonesia dalam ukuran yang lebih mini.

Apalagi bila Anda berlibur ke Jakarta dengan membawa anak-anak, ini akan menjadi media edukasi yang menarik, terutama dalam hal mengenalkan budaya dan keberagaman bangsa Indonesia padanya.

6. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi (c) flickr.com/garnieri

Dunia Fantasi atau yang biasa disebut Dufan adalah sebuah tempat dengan berbagai wahana bermain di dalamnya. Bila di luar negeri sana ada Disneyland, maka di Indonesia ada Dufan. Banyak kesamaan antar keduanya seperti Istana Boneka dan berbagai wahana yang tersedia.

Tempat wisata Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, karena tersedia berbagai wahana mulai dari untuk anak-anak hingga wahan ekstrem untuk dewasa.

Dunia Fantasi terletak di Jakarta Utara, Jalan Lodan Timur no. 7 Pademangan. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 18.00 pada hari biasa dan 20.00 untuk hari libur.

7. Pantai Marunda

Pantai Marunda adalah salah satu tempat wisata Jakarta Utara. Menariknya, pantai ini bisa dikunjungi secara gratis. Terlebih pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak terlalu ramai sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi. Selain itu, ada daya tarik lainnya yaitu wisata sejarah rumah pahlawan betawi dan Masjid Al-Alam.

8. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan menyimpan lebih dari 3.600 sepesies di dalam luas lahan sebesar 185 hektar. Di sini Anda akan disambut oleh beragam satwa yang akan membuat terkesan. Sangat cocok bagi sebagai salah satu wisata edukasi di Jakarta,khususnya bila Anda ingin mengenalkan berbagai macam binatang secara langsung pada anak-anak.

Bukan hanya satwa yang ada di sana, karena di Kebun Binatang Ragunan juga terdapat berbagai macam jenis bunga-bunga yang cantik. Bersama keluarga Anda bisa piknik atau sekadar berselfie. Selalu oleskan obat nyamuk pada kulit bila berkunjung ke sini.

Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat wisata Jakarta Selatan yang terletak di Jalan Harsono no 1 Ragunan. Kebun bintang hanya tutup pada hari Senin dan buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 waktu setempat. Biaya masuknya hanya sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

9. Kota Tua

Ingin mengenang Jakarta atau Batavia pada zaman Kolonial Belanda? Datang saja ke destinasi wisata Kota Tua Jakarta. Berbagai bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda merupakan bagian yang sering menarik minat pengunjung untuk datang. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni, jalan-jalan dengan sepeda ontel atau wisata kuliner jajanan tradisional.

Dengan suasana tempo dulu yang masih sangat kental menjadikannya sebagai salah satu   kuno peninggalan sejarah.

Tidak ada biaya yang dibebankan untuk Anda yang ingin masuk atau berfoto di salah satu tempat wisata Jakarta Barat ini. Ingin berwisata ke sini? Kota Tua terletak di Jalan Taman Fatahillah, Pinangsia, Jakarta Barat.

10. Museum Wayang

Masih berada di kawasan Kota Tua. Selain menikmati berbagai bangunan kuno, di sana Anda juga bisa menyempatkan diri berkunjung ke Museum Wayang. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Museum Fatahillah. Karena lokasinya yang berada di kawasan Kota Tua, bangunannya merupakan bagian dari peninggalan sejarah kolonial Belanda.

Museum ini menyimpan berbagai jenis museum dari seluruh penjuru daerah di Indonesia, mulai dari wayang kulit, wayang golek hingga wayang berbentuk boneka. Bahkan di sini juga tersimpan beberapa wayang dari negara tetangga seperti China, India, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Buka selain hari Senin mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00 waktu setempat. Untuk biaya masuk hanya dibebankan sebesar Rp 5.000 untuk umum, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk pelajar.

11. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia menyimpan lebih dari 2.000 karya seni seniman Indonesia. Di sini Anda akan mengenal berbagai karya seni dan nama-nama seniman tanah air dari berbagai daerah yang mungkin belum dikenal secara luas. Namun ada pula satu bagian gedung yang memamerkan karya seni yang terdiri dari keramik, lukisan hingga patung.

Tertarik mengunjungi Galeri Nasional? Letaknya di Lapangan Merdeka Gambir.

12. Taman Mangrove Angke Kapuk

Taman Mangrove Angke Kapuk (c) fanyanto.com

Merupakan sebuah area yang dikelilingi oleh hutan Mangrove, masih berada satu lokasi dengan Pantai Indah Kapuk. Sebagai salah satu tempat hits yang sangat instagramable, Taman Mangrove Angke Kapuk menawarkan keindahan dan kesejukan bagi siapa saja yang berkunjung. Anda bisa bebas berkeliling menggunakan perahu untuk menikmati keindahan dan kesejukan hutan bakau.

Tidak hanya hutan bakau, taman ini juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti penginapan hingga restoran. Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menanam pohon bakau secara langsung di sana. Cukup dengan membayar bibit bakau dengan harga cukup murah.

Tertarik? Salah satu tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 waktu setempat.

13. Museum Fatahillah

Bukan hanya koleksinya, bahkan museum ini sendiri merupakan bagian dari saksi bisu perjalanan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Hal itu karena bangunan yang digunakan sebagai Museum Fatahillah ini sudah berdiri sejak tahun 1710. Sebelum menjadi sebuah museum, bangunan ini merupakan sebuah Balai Kota Stadhuis yang diresmikan oleh Gubernur saat itu, yaitu Jendral Abraham Van Riebeeck.

Koleksi yang tersimpan dalam museum ini di antaranya adalah peninggalan zaman kolonial, zaman kerajaan, kebudayaan Betawi hingga koleksi prabot Jawa, China dan Belanda. Bukan hanya wisata sejarah, Museum Fatahillah juga seringkali dijadikan lokasi foto prawedding karena gaya bangunan yang klasik peninggalan Belanda.

Tertarik Mengunjungi objek wisata Jakarta Barat yang satu ini? Tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja. Buka selain hari Senin mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 waktu setempat.

14. Museum Tekstil

Museum Tekstil lokasinya sangat berdekatan dengan Pasar Tanah Abang. Sesuai namanya, museum ini memerkan berbagai koleksi kain tradisional dari seluruh daerah di Indonesia. Seperti kain batik dan kain tenun dari berbagai daerah hingga alat-alat tradisional dalam proses pembuatannya.

Museum ini juga menyimpan beberapa tanaman yang sering dijadikan pewarna alami untuk kain-kain tradisional. Ada juga teater mini yang memutar film dokumenter seputar sejarah tekstil tradisional di Indonesia. Bahkan di sini Anda juga bisa membeli berbagai souvenir seperti kain tradisional yang telah disediakan.

Tempat ini buka selain hari Senin mulai pukul 09.00 – 15.00 waktu setempat. Bukan hanya sekedar melihat-lihat, di sini Anda juga bisa belajar langsung mengenai cara pembuatannya dengan ikut pelatihannya. Biayanya yaitu sebesar Rp 40.000 untuk turis lokal dan Rp 75.000 untuk turis asing.

15. Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu destinasi wisata Jakarta di Kepulauan Seribu. Pulau ini terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh sebuah jembatan bernama jembatan cinta. Jembatan inilah yang sering menjadi spot foto karena merupakan salah satu tempat instagramable di Jakarta dengan pemandangan matahari terbenamnya.

16. Pulau Bidadari

Sebagai salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek, Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau-pulau cantik, salah satunya adalah Pulau Bidadari. Banyak hal menarik yang akan Anda temukan di pulau ini, mulai dari berbagai satwa seperti Rusa Totol dan Lumba-lumba, area hutan bakau hingga beberapa pohon langka. Yang tidak kalah menarik adalah sebuah resort apung bergaya tradisional.

17. Taman Suropati

Liburan di Jakarta bukan hanya sekadar Mall atau macam-macam wahana, taman pun bisa jadi tempat Anda merefresh otak. Berlokasi di area Menteng, taman ini bisa menjadi solusi Anda yang ingin menenangkan pikiran dari penatnya hari setelah lelah bekerja.

Beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi ini di antaranya adalah jogging track dan bersepeda. Pada saat hari libur tempat ini juga biasa didatangi seniman jalanan yang suka memamerkan keahliannya. Lokasi tepatnya adalah di Jalan Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

18. Pulau Semak Daun

Pulau lainnya yang tidak kalah populer dan sering menjadi destinasi wisata di Kepulauan Seribu adalah Pulau Semak Daun. Dibandingkan pulau lainnya, pulau ini tergolong yang cukup kecil. Namun meski kecil, Anda akan terpesona begitu sampai di pulau ini. Mulai dari pasir putihnya, air yang jernih hingga laut yang bersih. Di sini Anda juga bisa berkemah.

Bukan hanya itu, di pulau ini juga terdapat penangkaran hiu dan penyu yang bisa Anda kunjungi. Untuk datang ke Pulau Semak Daun, direkomendasikan untuk berkelompok karena biayanya bisa lebih hemat. Anda bisa menyewa sebuah kapal dan alat snorkling untuk dipakai bersama.

19. Gelanggang Samudra Ancol

Ocean Samudra (c) Ancol.com

Berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol tak lengkap rasanya bila Anda melewatkan untuk berkunjung ke Gelanggang Samudra Ancol. Ini adalah wisata laut yang akan menampilkan berbagai atraksi hewan laut seperti lumba-lumba dan singa laut. Selain itu di sini tersedia berbagai wahana menarik lain yang sangat disukai oleh anak-anak.

Fasilitas di sini juga sangat lengkap seperti tempat makan, tempat ibadah, toilet hingga klinik. Bila ingin berkunjung, Gelanggang Samudra Ancol buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 atau pukul 18.00 pada akhir pekan.

20. Allianz Ecopark (Ocean Ecopark)

Ocean Ecopark adalah tempat wisata lainnya di Taman Impian Jaya Ancol. Seperti halnya taman pada umumnya, Ocean Ecopark memiliki banyak pohon yang rimbun tempat bersantai selain sungai yang bersih.

Beberapa fasiltas yang tersedia di antaranya adalah jogging track, gazebo, kano atau perahu kayuh yang ingin menikmati sensasi di sungai, danau, kebun binatang mini serta taman bermain untuk anak-anak. Anda juga bisa mengajak untuk bermain sambil belajar di Faunaland, Rumah Energi atau Rumah Lebah.

Tertarik mengunjungi taman ini? Anda bisa datang setiap hari antara pukul 06.00 – 18.00 waktu setempat. Namun perlu diketahui bahwa setiap wahana bermain memiliki jam buka yang berbeda-beda.

21. Pasar Tanah Abang

Bagi yang sedang mencari barang kualitas ekspor dengan harga terjangkau, Pasar Tanah Abang adalah lokasi yang tepat. Mulai dari beragam jenis pakaian, tas, sepatu hingga perlengkapan solat tersedia di sini. Bisa dianggap Pasar Tanah Abang adalah surganya bagi mereka yang suka berbelanja barang dengan harga murah, termasuk untuk oleh-oleh.

Pasar Tanah Abang juga merupakan pusatnya grosir sehingga barang-barang yang dijual harganya sangat murah dibanding tempat lain. Meski namanya pasar, namun suasana tempat ini sama seperti pusat perbelanjaan modern umumnya. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat.

22. Kelenteng Jin De Yuan

Selain Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, di Jakarta juga terdapat tempat ibadah lainnya yang juga memiliki nilai sejarah tinggi. Yaitu Kelenteng Jin De Yuan, sebuah kelenteng yang sudah ada sejak tahun 1650. Sejak dulu hingga saat ini tempat ini masih memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai tempat ibadah.

Meski begitu, tempat ini juga dibuka untuk umum yang ingin menikmati keindahan arsitektur atau sekadar berfoto. Memiliki bangunan khas Tionghoa dengan desain rumit dan penuh warna. Penasaran dengan gaya arsitekturnya? Datang saja ke Kelenteng Jin De Yuan yang terletak di Glodok, Pecinan Lama.

23. Pasar Seni Ancol

Selain Pasar Tanah Abang, tempat wisata belanja yang layak untuk Anda kunjungi ketika ke Jakarta adalah Pasar Seni Ancol. Di sini terdapat berbagai seniman yang memamerkan karya seni mereka untuk dijual. Di sini ada pula studio tempat Anda bisa melihat berbagai proses pembuatan berbagai karya seni.

Beberapa koleksi seni yang ada di sini diantaranya seperti lukisan, wayang, patung dan hiasan dinding. Ada pula pertunjukan seni dari berbagai komunitas di sini. Salah satu yang paling dinantikan adalah pertunjukan musik Jazz yang rutin diadakan setiah hari Jumat malam mulai pukul 19.30 – 22.30.

Ingin berkunjung ke Pasar Seni ini? Lokasinya terletak di Area Taman Impian Jaya Ancol.

24. Kuliner Malam Pecenongan

Ingin berwisata malam di Jakarta? Datang saja ke area Kuliner Malam Pecenongan. Berbagai jenis kuliner tersaji di sepanjang 600 meter jalan Pecenongan ini. Mulai dari warung kaki lima dengan jajanan murah dan lezat hingga restoran legendaris.

Hidangan laut, sate, berbagai kue, jajanan malam seperti martabak hingga kuliner khas berbagai daerah akan menyambut kedatangan Anda. tertarik? Bisa datang setiap hari dan mulai dibuk sejak pukul 18.00 – 02.00 dini hari.

25. Setu Babakan Jakarta

Setu Babakan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan. Di sini Anda akan dikenalkan lebih dekat dengan budaya Betawi yang masih ada dan terus dilestarikan hingga saat ini.

26. Museum Satria Mandala

Museum yang satu ini mengoleksi berbagai replika alutsista yang dimiliki oleh TNI. Banyak di antaranya adalah senjata yang pernah digunakan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Museum Satria Mandala ini terletak di dekat Kantor Jamsostek atau di Gatot Subroto.

27. Museum Nasional

Museum Nasional (c) shutterstock.com

Museum lainnya yang ada di Jakarta adalah Museum Nasional. Museum ini memiliki berbagai koleksi, diantaranya adalah tentang seni, sejarah, budaya, etnografi hingga geografi di Indonesia. Semua koleksi tersebut dibuat terpisah menjadi beberapa galeri yang berbeda.

Museum Nasional juga dikenal dengan nama Museum Gajah dengan sebuah patung gajah di bagian depannya. Telah ada sejak tahun 1778, Museum Nasional memiliki berbagai koleksi di antaranya adalah berbagai prasasti zaman kerajaan hingga penggalian arkeologis dan benda kuno di Indonesia.

Museum Nasional dibuka selain hari Senin mulai pukul 08.30 – 16.00 waktu setempat. Namun pada hari Jumat museum ini tutup lebih cepat, yaitu pukul 11.30. Bagi yang sedang berwisata di Monas atau sekitarnya bisa sekalian mampir ke museum ini karena letaknya yang berdekatan.

28. Taman Tabebuya

Seperti halnya kota Surabaya yang memiliki banyak taman indah, Jakarta juga ingin kalah. Salah satu taman yang menjadi primadona dan tempat hits di Jakarta adalah Taman Tabebuya. Di sini Anda bisa berlibur bersama keluarga sambil minikmati indahnya bunga-bunga yang sedang bermekaran.

Tempatnya sejuk dan asri, berbagai fasilitas juga telah tersedia di sini, termasuk bila Anda ingin berolahraga seperti jogging. Taman Tabebuya terletak di JalanMoh Kafi no 1 Ciganjur, Jakarta Selatan. Seperti taman pada umumnya, tidak ada biaya masuk atau waktu bukanya, Anda bebas mengunjunginya kapan saja. namun lebih baik datang saat pagi atau sore hari.

29. Planetarium

Planetarium (c) nativeindonesia.com

Ingin mengenalkan tentang ilmu astronomi pada anak-anak Anda secara langsung? Datang dan berwisata ke Planetarium Jakarta adalah salah satu caranya. Di sini Anda akan disajikan sebuah sibuah simulasi benda-benda di langit seperti bintang dan berbagai planet-planet yang bertaburan.

Bukan hanya itu, Anda juga akan diajak mengenal beberapa konsep dasar dalam ilmu astronomi. Dengan cara dan tampilan yang sangat menarik, wisata edukatif ini akan menagajak anak untuk menjelajah luar angkasa tanpa merasa bosan.

Planetarium Jakarta terletak di Jalan Cikini Raya no 73 Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Buka kecuali hari Senin mulai pukul 15.30 – 18.00 pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur buka lebih lama, yaitu mulai pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat. Pengunjung dewasa dibebankan harga tiket sebesar Rp 12.000, sedangkan Rp 7.000 untuk anak-anak.

30. The Escape Hunt

Escape Room Jakarta (c) blog.Reddoorz.com

Baru-baru ini ada film Hollywood berjudul “Escape Room” yang bercerita tentang sebuah permainan di mana para pemainnya harus keluar dari ruangan tersebut sebelum waktunya habis. Namun ternyata itu bukan permainan biasa setelah beberapa pemain terlambat keluar dari ruangan sebelum waktu yang ditentukan. Akhirnya cukup tragis.

Namun tentu saja salah satu tempat hits di Jakarta ini tidak seperti itu, meski menganut konsep yang sama. Anda dituntut harus secepat mungkin keluar dari ruangan dan memecahkan beberapa teka-tekinya. Ada beberapa tipe ruangan yang berbeda bisa Anda dicoba. Biaya masuknya bervariasi, mulai dari Rp 180.000 sampai Rp 220.000.

Pada hari biasa tempat ini buka mulai pukul 10.00, namun pada hari libur dibuka hingga pukul 24.00 waktu setempat. Tertarik bermain detektif di tempat ini? Berlokasi di Ruko Crown Golf Blok D no 38 Penjaringan, Jakarta Utara.

31. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia akan mengajak Anda untuk mengenal sejarah sistem keuangan di Indonesia sejak zaman penjajahan. Berbagai koleksi mata uang zaman dulu yang sudah tidak terpakai dipamerkan di sini. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bangunannya yang juga merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda.

Museum Bank Indonesia masih satu lokasi dengan Kota Tua Jakarta. Jadi ketika berkunjung ke Kota Tua, Anda bisa sekalian mampir di Museum Bank Indonesia.

32. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta (c) waterbom-jakarta.com

Terakhir, wisata di Jakarta yang tidak kalah menyenangkannya adalah Waterbom. Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dalam menikmati akhir pekan. Berbagai wahana air tersedia di sini, di antaranya adalah twizter, The Whizzard, Kiddy Pool, Bomblazte, Pleasure Pool dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menikmati semua wahana tersebut Anda perlu membayar karcis sebesar Rp 150.000 pada hari biasa dan Rp 230.000 pada hari libur. Namun pada saat tertentu di sini juga ada harga promo hingga setengah harga.

Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 waktu setempat. Terletak di Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Pantai Indah Barat no 1, Pantai Indah Kapuk.

Meski berstatus sebagai kota Megapolitan dengan berbagai kegiatan (bisnis, ekonomi, pemerintahan) berpusat di sini, bukan berarti tempat wisatanya terbatas. Ada 32 tempat wisata di Jakarta ini bisa jadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya.

Mulai dari tempat wisata alam di Jabodetabek hingga tempat hits di Jakarta bisa Anda kunjungi dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *