41 Tempat Wisata di Jogja Terbaru dan Populer untuk Liburan yang Menyenangkan

Objek Wisata di Jogja

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata Jogja? Daerah Istimewa? Yap, bukan hanya wilayahnya yang merupakan daerah istimewa, tempat wisata di Jogja juga selalu istimewa bagi jutaan pelancong yang datang setiap harinya. Mulai dari turis lokal hingga mancanegara tidak pernah sepi mengunjungi Kota Gudeg ini.
Ada banyak sekali lokasi wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata budaya, pendidikan hingga alam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 41 tempat wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi.

  1. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro yang legendaris

Lokasi pertama yang kita kunjungi adalah Malioboro, salah satu wisata Jogja yang sudah menjadi ikon wisatanya. Tidak akan lengkap rasanya bila Anda tidak mengunjungi jalan ini. Kalau di Bandung ada jalan  Braga, di Jogja ada Malioboro. Mulai dari jajanan tradisional, berbagai alunan musik seniman Jogjakarta hingga berbagai cindra mata bisa Anda temukan di sini.

Bila tidak ingin jalan kaki, Anda juga bisa nai delman yang telah disediakan. Jangan lewatkan untuk berfoto di ujung Jalan Malioboro atau tugu pahlawan. Bila ingin menginap, sudah tersedia banyak hotel dekat Malioboro dengan berbagai kelas. Mulai dari kelas melati hingga berbintang.

2. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Museum Vredeburg

Dari Jalan Malioboro, kita melipir sedikit ke Benteng Vredeburg. Bila Anda berkunjung ke Kota Gudeg ini dan kebetulan menginap di sekitaran Jalan Malioboro, jangan lewatkan untuk mengunjungi Benteng Vredeburg karena letaknya tidak jauh dari sana, tepatnya di jalan Ahmad Yani no. 6.

Benteng Vredeburg bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang mencari tempat wisata Jogja murah meriah. Hal ini karena biaya masuknya yang hanya sebesar Rp 2.000 saja. dengan tarif itu Anda sudah bisa masuk untuk menikmati berbagai koleksi patung-patung yang diperagakan mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Bukan hanya patung, ada pula film yang bisa Anda tonton langsung.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Jogja

Inilah letak keistimewaan Yogyakarta. Bila daerah lain dipimpin oleh seorang gubernur, bupati atau wali kota. Di Jogja segala urusan pemerintahan dipimpin oleh sistem kerajaan, yaitu Sultan Hamengkubuono. Di Keraton Yogyakarta inilah tempat tinggal Sultan beserta keluarganya menetap.

Selain itu, di sini juga terdapat sebuah museum yang memamerkan seluruh barang kesultanan Yogyakarta. Bagi tertarik mengunjungi keraton Jogja, Anda memiliki kesempatan berkunjung dari pagi hingga pukul 2 siang waktu setempat. Bila berminat, Anda juga bisa menyewa sebuah pemandu wisata yang akan menjelaskan secara detail setiap sudut ruangan dan koleksi dari museumnya.

4. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Jogja

Setelah puas berkunjung ke keraton, sekarang beralih ke taman bermainnya keluarga kerajaan zaman dulu. Taman sari adalah tempat wisata Jogja yang sangat cocok untuk Anda kunjungi karena memiliki arsitektur kuno dan pemandangannya yang indah.

Taman Sari Jogja pada zaman dulu merupakan tempat meditasi dan rekreasi keluarga kerajaan. Di sini terdapat taman bunga, beberapa wahana hingga pemandian ala keluarga kerajaan.  

5. Museum De Mata Trick Eye

Museum De Mata Trick Eye Jogja

Masih di sekitara kota Jogja, tepatnya di jalan Veteran no. 150 – 151 Pandeyan. Di sini Anda akan menemukan sebuah museum yang tak biasa, yaitu museum De Mata Trick Eye. Bila museum pada umumnya menyajikan koleksi benda-benda antik, De Mata Trick Eye tidak demikian.

De Mata Trick Eye adalah sebuah museum yang akan menyajikan sebuah pemandangan gambar/foto tiga dimensi yang terlihat begitu nyata. Museum ini akan memberikan sensasi berbeda bagi Anda yang hobi berfoto. Dengan angle yang tepat, tempat ini akan menipu yang melihatnya.

Bukan hanya itu, di sini juga terdapat sebuah wahana baru yang bernama D’walik yang menampilkan konsep beberapa ruangan terbalik.

6. Museum Sandi

Museum Sandi Jogja

Museum Sandi merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang  menceritakan sejarah rinci Lembaga Sandi Indonesia dan perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan. Museum ini resmi didirikan pada tahun 2008 oleh Lembaga Sandi Negara dan Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada awal berdirinya museum ini sempat berada di tempat yang sama dengan Museum Perjuangan di Kawasan Mergangsang, namun pada tahun 2014 dipindah ke Kotabaru. Di museum ini Anda akan disambut oleh berbagai koleksi sejarah persandian Indonesia.

Setelah merdeka tahun 1945 tidak lantas Indonesia terbebas sepenuhnya dari penjajahan. Berbagai alat sandi digunakan saat itu agar dokumen rahasia Indonesia tidak jatuh ke tangan Belanda.

Ada rencana berkunjung ke museum ini? Museum Sandi Jogja merupakan salah satu tempat wisata Jogja murah meriah. Bukan sekadar murah, bahkan biaya masuknya gratis! Pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur museum ini buka dari pukul 09.00 – 15.00, sedangkan pada hari biasa buka dari pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat.

7. Jogja Bay Water park

Jogja Bay Waterpark

Setelah berkeliling di Kota Jogja, sekarang kita agak sedikit menjauh. masih di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Sleman ada sebuah water boom terbesar dan terlengkap di Jogja bernama Jogja Bay Water Park.

Jogja Bay Water Park dibuka sejak tahun 2016 dan memiliki luas sekitar 7,7 hektar. Bisa dibayangkan bagaimana banyaknya wahana yang ada di sana. Mulai dari wahana untuk orang dewasa hingga anak-anak. Salah satu wahana yang cukup populer dan banyak peminatnya adalah How to survive in Tsunami and Earthquake. Di sini Anda akan ditantang untuk bertahan dari kerasnya ombak dan gempa seperti Tsunami sungguhan.

Meski di sini terdapat banyak wahana yang menguji adrenalin, namun semua wahana tersebut telah aman karena telah teruji memiliki tingkat keamanan yang baik. Jadi bila Anda punya waktu berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Jogja Bay Waterpark yang terletak di Maguwoharjo, Sleman.

8. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (c) Nativeindonesia.com

Pada tahun 2010 pernah terjadi sebuah bencana alam yang hebat, yaitu meletusnya Gunung Merapi Yogyakarta. Museum ini merupakan saksi bisu genasana merapi karena tempat ini merupakan salah satu wilayah yang dilewati oleh larva panasnya. Museum ini juga merupakan tempat wisata Jogja murah meriah karena biaya masuknya hanya sebesar Rp 3.000 saja.

Detik-detik meletusnya Gunung Merapi akan Anda ketahui dari museum ini. Selain itu, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui mengenai ciri-ciri gunung yang akan meletus, langkah-langkah dalam menghindarinya dan cara hal yang harus dilakukan setelahnya.

9. Wisata Kota Gede

Ingin berwisata ke Jogja dan merasakan sensasi kota tempo dulu, Kota Gede adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. Masih di Kota Jogja, tepatnya di Jagalan, Kotagede, Anda akan disuguhi oleh berbagai bangunan kuno yang akan menambah wawasan sejarah. Buat yang hobi fotografi, tempat ini juga menyediakan banyak sudut menarik untuk berfoto.

10. Museum Sonobudoyo

Masih berada di Kota Jogja, tepatnya di jalan Pangurakan no. 6 Ngupasan, museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda antik, salah satunya adalah keris. Anda ingin melihat berbagai koleksi keris yang dimiliki setiap daerah di Indonesia? Mengunjungi Museum Sonobudoyo adalah tempat yang tepat. biaya masuknya juga hanya Rp 3.000 per orang.

11. Alun-alun Kidul

Mengunjungi Jogja tak lengkap rasanya bila Anda tak datang ke Alun-alun Kidul. Sebagai salah satu tempat wisata jogja malam hari karena pada malam hari aktivitas di alun-alun ini akan lebih ramai. Anda bisa datang bersama keluarga untuk menikmati keindahan Kota Jogja di sini.

Naik odong-odong, berbagai permainan anak atau sekadar menikmati malam dengan berbagai lampu kerlap-kerlipnya.  Ditemani berbagai cemilan khas Jogja seperti wedang ronde tentu akan semakin menyenangkan.

12. Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta

Kota Jogja juga memiliki Taman Pintar, sebuah tempat yang diisi oleh berbagai koleksi menarik yang akan menambah ilmu pengetahuan Anda. Tidak seperti belajar yang membuat anak-anak bosan, semua yang ada di sini dikemas dengan cara menyenangkan sehingga banyak anak-anak tertarik mengunjungi Taman Pintar.

Wahana edukasi yang terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 1 – 3 Gondomanan ini juga sering sekali dijadikan tempat untuk study tour beberapa sekolah. Biaya masuknya juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp 18.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

13. Wisata Hutan Pinus Mangunan

Dari sekian banyak tempat wisata di Jogja, Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu yang akhir-kahir ini ramai dikunjungi. Hal ini karena pemandangan deretan pohon pinus yang begitu indah dan udaranya yang sejuk. Pecinta fotografi tentu akan sangat dimanjakan di tempat ini. Hutan ini terletak di Bantul, tepatnya di Dlingo, wilayah Mangunan.

14. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Kulonprogo denny_prasetyo_s

Mencari wisata alam di Jogja? Mengunjungi Hutan Mangrove Pasir Kadilangu salah satu rekomendasi. Terletak di Kabupaten Kulonprogo, hutan ini menyediakan berbagai spot foto menarik seperti miniatur Menara Eiffel Paris yang cukup besar terbuat dari bambu.

15. Pantai Parangtritis

Siapa yang tak kenal Pantai Parangtritis? Salah satu tempat wisata Jogja ini konon katanya merupakan asal dari legenda Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Bukannya membuat daya tarik wisata berkurang, hal itu justru membuat banyak yang penasaran dan ingin berkunjung ke tempat wisata Yogyakarta yang satu ini.

Pantai Parangtritis memiliki daya tarik sunset yang romantis, pesisir pantainya yang luas, atau Anda juga bisa menikmati keduanya dengan berkeliling pantai sambil menunggangi kuda. Selain itu ada pula wahana bermain anak. Pantai ini juga sering dijuluki Parisnya Jogja.

16. Goa Jomblang

Memiliki julukan ‘cahaya dari surga’, wisata Yogyakarta yang berada di wilayah perbukitan Gunungkidul ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Dijuluki cahaya dari surga adalah karena di goa ini terdapatat cahaya yang masuk dan memancar melalui celah-celahnya. Pemandangannya yang sangat indah membuat orang-orang menjulukinya begitu.

Bukan hanya itu, dari dalam goa juga akan Anda temukan sebuah hutan purba yang terbentuk secara alami.

17. Wisata Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Tempatnya yang tinggi membuat Anda bisa melihat keindahan Kota Jogja dari atas sini. Berada di dataran tinggi membuat suhu udara di sini lebih sejuk dibandingkan di kotanya. Selain itu hamparan rumput hijau yang mengelilingi Candi Ijo menambah daya tarik dan seakan sudah menjadi identitasnya.

Bukan hanya itu, terdapat juga berbagai pahatan patung dan lukisan yang memiliki nilai moral dari leluhur. Ingin berkunjung ke tempat wisata Jogja yang satu ini? Letaknya di Kabupaten Sleman, tidak terlalu jauh dari Kota Jogja.

18. Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah salah satu tempat wisata Jogja malam hari karena memiliki daya tarik saat malam hari. Di malam hari tempat ini akan menjadi sangat romantis karena Anda akan disugui oleh pemandangan hamparan bintang di angkasa dan pemandangan Kota Jogja bela melihat ke bawah.

Bukit ini terletak di Gunungkidul.

19. Kalibiru

Kalibiru Image via @ndda_tyha

Salah satu tempat wisata alam Jogja yang sebaiknya jangan dilewatkan bila Anda berkunjung daerah ini adalah Kalibiru. Letaknya di Kulonprogo, DIY, dari sana Anda akan disambut oleh hamaran danau biru  yang eksotis. Tempat ini juga sangat instagramable dan cocok untuk yang suka fotografi.

Namun untuk sampai di atas sini Anda harus melewati tanjakan yang tinggi, panjang dan melelahkan. Ibarat seperti mendaki gunung. Sebuah perjuangan yang harus dilalui bila ingin menikmati keindahannya. Biaya masuknya cukup murah, yaitu sebesar Rp 10.000 saja.

20. Pantai Sepanjang

Mengapa dinamakan pantai Sepanjang? Berbeda dibandingkan pantai lainnya, Pantai Sepanjang memiliki bibir pantai yang sangat luas. Anda bisa bermain dan menikmati bibir pantai untuk berbagai aktivitas seperti camping, bermain olahraga atau banyak hal lainnya hingga puas.

21. Pantai Goa Cemara

Pantai ini dinamakan pantai goa cemara adalah karena terdapat banyak pohon cemara yang rimbun di sekitar pantai. Bukan hanya itu, ada pula mercusuar yang dapat dinaiki untuk melihat pemandangan dari atas sana.

22. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Salah satu hutan pinus yang tengah sejak tahun 2018 ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi viral, Hutan Pinus Pengger. Terletak di bantul, hutan ini menawarkan pemandangan alam yang beginu memesonayang berada di ketinggian. Salah satu spot yang begitu populer dan instagramable adalah bentuk tangan raksasa yang dibuat dari ranting-ranting kayu dan terletak di pinggir tebung. Cocok untuk melengkapi feed instagram Anda

23. Pantai Drini

Pantai drini @pantai_drini

Pantai ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya terlihat jelas. Sangat cocok bagi Anda yang hobi berenang dan snorkling di pantai. Fasilitas di pantai ini juga tersedia lengkap, jadi Anda tidak perlu khawatir. Terletak di Gunungkidul, biaya masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000 saja.

24. Air Terjun Seri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Seri Gethuk merupakan salah satu wisata air terjun Jogja yang terletak terletak di Gunungkidul. Dikatakan unik adalah karena airnya yang selalu ada dan terus mengalir meski sedang musim kemarau. Biaya masuk ke wisata Jogja yang satu ini adalah sebesar Rp 35.000.

25. Taman Pelangi

Taman Pelangi merupakan salah satu tempat wisata Jogja malam hari karena buka mulai pukul 17.00 – 23.00 waktu setempat. Menyajikan berbagai warna lampion yang bergelantungan. Bentuk yang unik dan beragam menjadi daya tarik tersendiri.

Bukan hanya lampion, di Taman Pelangi juga tersedia banyak wahana permainan seperti trampolin, bola air, becak mini, bom-bom carperahu dayung, puri hantu dan berbagai wahan menarik lainnya. Tertarik ke sini? Letaknya di Kabupaten Sleman.

26. Puncak Becici

Terlentak di Bantul, Puncak Becici termasuk salah satu tempai wisata Yogyakarta yang memiliki akses cukup mudah. Banyak wisatawan datang ke sini setiap harinya. Dari atas sini Anda akan disuguhi pemandangan Merapi dan Gunung Sindoro. Sangat direkomendasikan sebagai tempat wisata keluarga.

Biaya masuknya hanya sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

27. Puncak Kosakora

Banyak anak muda datang ke tempat ini setiap harinya untuk berfoto karena Puncak Kosakora memiliki pemandangan yang indah. Pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pantai yang luas. Puncak Kosakora terletak di Gunungkidul dan biaya masuknya hanya sebesar Rp 2.000 saja per orang.

28. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir adalah wisata gurun pasir di Jogja. Memang tidak menyerupai gurun pasir yang sesungguhnya, namun di sini Anda akan disuguhi oleh hamparan pasir yang sangat luas. Bahkan, di sini Anda bisa berselancar layaknya berada di pantai. Buat yang suka foto, tempat ini juga menyediakan beberapa spot foto menarik.

Tertarik ke sini? Gumuk Pasir terletak Bantul, satu arah menuju Pantai Parangtritis.

29. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Masih di area Pantai Parangtritis, Parangwedang menyediakan air panas untuk Anda yang suka mandi atau berendam air panas. Air pada pemandian ini mengandung mineral cukup tinggi, namun uniknya tidak terdapat kandungan belerang yang membuatnya berbeda dibanding sumber air panas pegunungan.

Banyak yang memanfaatkan pemandian ini sebagai tempat terapi bagi pengidap rematik, stroke atau penyakit kulit.

30. Candi Prambanan

Siapa yang tak tahu Candi Prambanan? Saksi bisu lahirnya kerjaan Hindu di Jogja ini bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi. Dibangun pada abad ke-9, candi ini menyimpan banyak sejarah dan hingga saat ini menjadi salah satu ikon wisata Jogja yang terletak di Kabupaten Sleman.

31. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka menyajikan beragam koleksi satwa-satwa langka seperti Gajah, Unta, Orang Utan, Kudanil dan Harimau. Kebun binatang yang dikelilingi pohon rimbun akan membuat suasana seperti di hutan sungguhan. Selain itu, di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti terapi ikan, sekuter air, ATV, perahu kayuh atau bahkan menunggang gajah dan unta.

Kebun binatang ini masih berada di Kota Jogja, tepatnya di Kotagede. Biaya masuknya sebesar Rp 25.000 untuk hari Sabtu dan Minggu dan Rp 20.000 untuk hari lainnya.

32. Makam Raja Imogiri

Bukan hanya wisata alam atau permaian saja yang ada di Jogja, Anda juga bisa melakukan wisata religi dengan mengunjungi Makam Raja Imogiri. Makan ini sudah ada sejak tahun 1632 dan merupakan komplek pemakaman raja-raja Kesultanan Mataram. Makam ini terletak di Bantul.

33. Goa Cerme

Konon Gua Cerme merupakan tempat peristiwa sejarah pertemuan para wali ketika sedang merencanakan pendirian Masjid Agung Demak. Terletak di Kabupaten Bantul, Goa Cerme memiliki panjang 1,5 km dan medan yang cukup menantang karena kondisinya yang lembab. Oleh karena itu disarankan mengunjungi goa ini pada musim kemarau, karena pada musim hujan air dalam goa akan lebih tinggi dan berbahaya.

34. Pantai Glagah

Wisata Jogja selanjutnya adalah Pantai Glagah, salah satu pantai yang cukup populer. Yang paling dinantikan adalah saat-saat sunset di pantai ini, karena pemandangannya sangat indah dan memesona. Terletak di Kulonprogo.

Pantai ini juga memiliki keunikan, yaitu terdapat gugusan tetrapod yang berfungsi sebagai pencegah abrasi karena dapat memecah ombak. Selain itu pantai ini juga dihiasi oleh pasir besi hitam yang cantik.

35. Pulau Kalong

Pantai di Pulau Kalong sangat eksotis. Terdapat sebuah jembatan gantung yang menguju adrenalin bagi siapa saja yang ingin datang ke pulau ini. Pasalnya untuk bisa sampai ke sana Anda harus melewati jembatan ini. Pulau ini juga dikenal sebagai Pantai Sinden. Sekilas pantai ini terlihat mirip dengan Pantai Timang, namun bedanya adalah jarak pantai dengan karang padai Pantai Timang jauh lebih tinggi, yaitu bisa mencapai 200 meter.

36. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan salah satu wisata keluarga di Jogja yang paling lengkap dengan harga terjangkau. Tarif masuknya yaitu hanya sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 50.000 untuk hari libur. Permainan yang ada di antaranya adalah trampolin, bumper car, segway, kincir, cangkir berputar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi yang ingin ke sini, tempatnya berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati.

37. Tebing Breksi

Tebing breksi @fennywijanarko

Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata unik di Jogja karena awalnya tempat ini merupakan sebuah lahan bekas pertambangan yang dijadikan tempat wisata. Terciptanya tebing ini adalah hasil dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul.

Dari atas tebing ini, Anda dapat melihat keindahan Candi Prambanan. Selain itu di sini juga terdapat banyak ukiran-ukiran karya luar biasa yang akan memanjakan Anda yang hobi berfoto. Tebing ini berada di Prambanan, Sleman.

38. Upside Down World

Ingin merasakan sensasi dunia terbalik? Datang ke tempat wisata ini bisa menjadi pilihan. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi foto terbalik dengan berbagai konsep ruangan. Tempat ini sudah dibuka sejak bulan Juni 2016.

Terletak di Maguwoharjo, Sleman, Upside Down World buka setiap hari dari jam 10.00 hingga pukul 19.00 waktu setempat.

39. The Lost World Castle Cangkringan

Salah satu tempat wisata populer Jogja ini sudah dibuka sejak bulan Maret 2017 dan menjadi salah satu tempat yang sangat memanjakan pecinta fotografi atau sekadar ingin selfie.

Alasannya adalah karena tempat ini menyimpan banyak sekali spot foto unik dan menarik seperti spot awan, sayap emas atau spot ‘gerbang menuju surga’ yang akan membuat Anda nyaman berlama-lama di sana.

Salah satu objek wisata Yogyakarta ini berada di Sleman, wilayah Kaliurang, kaki Gunung Merapi. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Merapi juga membuat hawa sejuk dan menenangkan di sekitarnya.

40. De Arca Statue Museum

De Arca Statue Museum merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang menyajikan berbagai patung lilin orang terkenal dan dalam waktu singkat mampu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja. Bahkan ada satu patung lilin yang disukai, yaitu patung Spider-Man yang mengenakan baju adat Jogja.

Museum De Arca Statue terletak di Jalan Veteran atau di dalam Gedung XT Square, Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat. Harga masuk ke Museum ini sebesar Rp. 50.000 per orang.

41. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata di Jogja yang terakhir adalah Museum Ullen Sentalu. Tempat wisata ini berisi berbagai koleksi peninggalan sejarah dan budaya pada zaman kerajaan Mataram yang merupakan awal lahirnya Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Museum ini dilengkapi oleh pemandu yang akan menjelaskan secara rinci setiap koleksi yang ada karena ada aturan yang ketat harus ditaati.

Salah satu aturan dalam museum ini adalah tidak diperkenankan mengambil foto. Ingin berkunjung ke museum ini? Anda bisa datang ke Sleman, tepatnya di jalan Boyong km 25 Kaliurang Barat.

Nah, bagaimana? 41 Tempat wisata di Jogja ini bisa jadi rekomendasi untuk Anda yang berencana berwisata ke Kota Gudeg ini. Sudah siap liburan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *