8 Tips Traveling Hemat yang Harus Dicoba Mahasiswa

Saat tiba liburan semester, pasti kamu para mahasiswa sudah bingung untuk pergi liburan, bukan? Tapi di lain sisi ingin traveling super hemat. Mumpung masih muda, sudah sepatutnya untuk menjelajahi banyak tempat. Jangan patah semangat, karena kamu bisa lakukan tips traveling super hemat ini.

1.      Niat Harus Tegak, Perencanaan Harus Mantap

Kamu harus menentukan tujuan traveling kamu. Pilihlah tempat traveling yang tidak begitu jauh. Karena semakin jauh kamu traveling maka pengeluaran akan semakin besar. Hal yang paling penting adalah tempat tersebut menarik dan memiliki nilai plus. Atau kamu bisa pilih tempat-tempat yang baru saja dibuka.

Selain rencana tempat kamu juga harus menentukan perbekalan apa saja yang harus dibawa, dan dengan siapa kamu akan pergi. Keseluruhan faktor tersebut sangat berpengaruh dengan pengeluaranmu. Sebaiknya cobalah traveling sendiri dengan tidak bawa terlalu banyak bekal untuk menekan biaya. Kamu cukup membawa tas ransel saja.

2.      Manfaatkan Semua yang Mungkin

Jika kamu orang yang aktif di organisasi kampus atau di sosial media, pastinya kamu memiliki banyak teman dan kenalan. Kesempatan itu sangat baik untuk meminta bantuan mereka jika kamu berada di kota mereka, misal dengan numpang menginap selama kamu traveling. Kamu akan menghemat pengeluaran untuk hotel, bukan? Selain itu, kunjungi tempat wisata yang menyediakan banyak diskon. Manfaatkan Semua kemungkinan yang dapat dicoba.

3.      Tak Perlu Memakai Tour Guide

Pada zaman yang super canggih ini, kamu hanya perlu mengeluarkan smartphone kamu untuk mencari segala informasi, termasuk lokasi traveling. Cukup buka Google, masalah selesai. Bahkan kamu juga bisa bertanya pada warga sekitar tempat lokasi jika kamu mengalami kesulitan. Selain traveling kamu akan hemat, juga banyak pelajaran yang kamu dapat.

4.      Pilih Tanggal yang Low Season

Kebanyakan traveler lupa bahkan menyepelekan hal ini. Traveling di hari libur nasional atau hari besar keagamaan hanya akan membuat kantongmu jebol. Semua biaya akan naik dibanding kalau kamu traveling saat weekday. Keuntungan lain yang akan kamu dapat saat weekday selain harga murah juga kamu bisa berfoto tanpa ada pemandangan kerumunan orang.

5.      Menginap di Hostel Saja

Untuk kantong mahasiswa, menginap di hotel hanya akan membuat traveling buyar karena kehabisan uang. Sebaiknya yang kamu pilih adalah hostel. Saat ini sudah banyak hostel murah untuk para backpacker yang sama nyamannya dengan hotel. Tentu saja harganya lebih miring.

6.      Jika Bisa Pinjam Kenapa Harus Beli

Aturan ini akan berlaku buat kamu para mahasiwa yang mau traveling murah. Misalnya kamu ingin naik gunung dan butuh tenda serta peralatan lainnya. Jika kamu tidak punya, kamu tidak perlu membeli karena akan menguras pengeluaran. Sebaiknya kamu meminjam kepada teman kamu yang juga hobi mendaki gunung. Kamu bisa berhemat dengan cara ini.

7.      Kamu Harus Pakai Transportasi Publik

Sebaiknya kamu memilih transportasi publik seperi bus untuk menjelajahi kota atau tempat wisata. Jika kamu menggunakan taksi maka uang kamu hanya akan habis di transportasi. Sedangkan kebutuhan lainnya bagaimana?

8.      Bawa Perbekalan dari Rumah

Selama perjalanan kamu pasti akan lapar dan ingin ngemil. Sebaiknya kamu membawa perbekalan dari rumah untuk menghemat budget. Karena biasanya harga makanan di tempat wisata bisa naik berkali lipat dibandingkan harga normal.

Tidak perlu putus asa karena tak bisa traveling murah. Kini kamu sudah menemukan tips tepat agar traveling kamu tetap dilaksanakan. Bagaiman, sudah siap traveling?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *