Sudah Punya Rencana Liburan? 21 Objek Wisata di Medan Paling Hits Tahun ini Bisa Jadi Rekomendasi

Tempat Wisata di Medan

Sebagai ibu kota Sumatera Selatan dan salah satu kota besar setelah Jakarta dan Surabaya, tidak mengherankan bila banyak pendatang berkunjung ke kota ini setiap harinya, entah untuk tujuan bisnis atau wisata. Khusus untuk para pelancong, tersedia banyak sekali tempat wisata di Medan yang bisa dikunjungi. Yang paling terkenal adalah Danau Toba.

Selain Danau Toba tentu saja ada banyak jenis wisata lainnya seperti wahana permainan, spot foto menarik, wisata religi, sejarah atau wisata alam lainnya di Kota Medan. Ingin tahu lebih lengkap? Berikut ini 21 objek wisata medan yang sangat sayang bila Anda lewatkan.

  1. Danau Toba

Wisata Danau Toba

Siapa yang tidak tahu Danau Toba? Salah satu tempat wisata Medan yang paling populer dan selalu ramai dikunjungi. Danau Toba seakan sudah menjadi ikon wisata di Sumatera Selatan. Meski begitu, secara administratif Danau Toba tidak terletak di Kota Medan.

Danau ini terbagi di tujuh kabupaten di Sumatera Selatan, yaitu Simalungun, Humbang Hasundatan, Tapanuli Utara, Dairi, Tanah Karo, Samosir dan Toba Samosir. Memiliki luas sebesar 1.145 km2, tiket masuk danau ini hanya sebesar Rp 5.000 saja.

  1. Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk Medan merupakan tempat wisata di medan yang lagi hits, khususnya bagi anak muda yang suka nongkrong sambil mencicitpi berbagai kuliner khas Kota Medan. Tempat ini biasanya rama dikunjungi pada sore hingga malam hari. Namun pada pagi hari tempat ini juga bisa dimanfaatkan untuk jogging.

Bukan hanya kuliner, Merdeka Walk juga sering dijadikan tempat pertunjukan beberapa komunitas seperti breakers, rap atau band. Di sekitarnya juga terdapat beberapa peninggalan Belanda yang menjadi daya tarik tersendiri. Berlokasi di Jalan Bali Kota, Medan Barat.

  1. Upside Down World Medan
Wisata Upside down world
Upside Down World (c) @suparmin09

Satu lagi tempat wisata di medan yang lagi hits, Upside Down World. Sama seperti yang Upside Down World yang ada di Jogja, tempat ini mengusung tema dunia terbalik. Masing-masing ruangan yang ada di dalamnya didesain sedemikian rupa sehingga akan terlihat seperti terbalik dari dalam foto.

Mulai dari ruang keluarga hingga toilet didesain terbaik sehingga sangat cocok bagi Anda yang gemar berfoto. Tertarik datang ke sini? Upside Down World Medan terletak di Jalan KH Wahid Hasyim no 29 Medan.

  1. Kampung Ladang

Anda suka liburan outbond? Datang ke Kampung Ladang adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata ini terletak di Deli Serdang dan untuk masuk ke sini Anda hanya dibebankan biaya sebesar Rp 5.000 saja. Buka dari pukul 08.00 – 18.00 waktu setempat.

Berbagai wahana yang ditawarkan di antaranya adalah paint ball, flying fox, ATV, Trampolin dan banyak yang lainnya. Bukan hanya itu, tempat ini juga dilengkapi dengan taman atau sudut-sudut pemandangan yang cantik. Bahkan tidak sedikit calon mempelai yang melakukan sesi foto prawedding di tempat ini.

  1. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit
Wisata Medan Air Terjun Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Dwi Warna Sibolangit (c) tobatabo.com

Selain Kampung Ladang sebagai wisata outbond, Deli Serdang juga punya destinasi alam lainnya yang tidak kalah cantik. Itu adalah Air Terjun Dwi Warna Sibolangit, tepatnya di Desa Durin Sirugun.

Dinamakan dwi warna atau dua warna adalah pada bagian telaganya terdapat dua warna berbeda, yaitu putih dan biru. Biru adalah air dingin, sedangkan putih terasa hangat. Bila ingin menginap Anda juga bisa berkemah di sekitar lokasi air terjun.

  1. Menara Padang Tele
Wisata Medan Menara Padang Tele
Menara Padang Tele Medan

Berbeser sedikit dari Medan. edang berkunjung ke Danau Toba? Jangan lewatkan untuk naik ke Menara Padang Lele. Dari menara ini Anda akan melihat keindahan Danau Toba dari ketinggian. Biaya masuknya hanya sebesar Rp 2.000 saja. Terletak di Kabupaten Samosir.

  1. Masjid Raya Kota Medan

Setelah berkeliling mengunjungi berbagai wisata alam di Medan, sekarang kita bisa sedikit mengendorkan urat syaraf untuk berkunjung ke tempat wisata religi, khususnya bagi yang beragama Islam. Adalah Masjid Raya Medan, sebuah bangunan tempat ibadah umat muslim yang telah berdiri sejak tahun 1906. Masjid ini juga sering disebut dengan nama Masjid Raya Al Mashun.

Telah memiliki usia lebih dari 100 tahun membuat daya tarik tersendiri dari segi arsitekturnya. Selain itu, bagian uniknya adalah masjid ini berbentuk segi delapan. Ketika Ramadan tiba, masjid ini juga sering digunakan sebagai tempat diadakannya Ramadan Fair. Terletak di pusat Kota Medan, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja.

  1. Rahmat Museum & Gallery

Bila Anda datang ke kebun binatang umumnya Anda akan bertemu berbagai satwa liar yang masih hidup dan kadang memberikan atraksinya. Namun hal itu tidak akan Anda temukan di tempat wisata Medan yang satu ini. Anda tetap akan bertemu dengan berbagai satwa liar, namun bedanya adalah di Rahmat Museum & Gallery semua satwanya dalam kondisi mati.

Tentu saja bukan bangkai, seluruh koleksi satwa dari berbagai benua yang jumlahnya mencapai 2.000 ekor ini telah diawetkan dan ditempatkan dalam ruangan yang bersuhu dingin. Meski telah mati, namun semua satwa ini terlihat seperti masih hidup dan segar.

Ingin berkunjung? Museum ini terletak Jalan S. Parman, Kota Medan.

  1. Cagar Alam Sibolangit
Wisata Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit (c) cintaihidup. com

Setelah tadi kita berkunjung ke Air Terjun Dua Warna Sibulangit, kali ini bergeser sedikit ke Cagar Alamnya. Cagar Alam Sibolangit merupakan salah satu tempat wisata di medan yang romantis. Dikatakan romantis adalah karena suasana tempatnya yang begitu asri dan sejuk. Selain itu Anda bisa menikmati keindahan alam yang indah.

Bagi pecinta alam tentu pemandangan seperti ini adalah yang paling menyejukkan mata karena mengedepankan konsep wisata go green. Selain tentu saja merupakan salah satu tempat selfie di Kota Medan yang sayang dilewatkan. Tertarik berkunjung? Cagar alam ini masih terletak di Sibolangit, Deli Serdang.

 

  1. Hillpark Sibolangit

Setelah menikmati berbagai keindahan alam, kini saatnya Anda berwisata ke berbagai wahana permainan di Kota Medan, yaitu di Hillpark Sibolangit. Berbagai wahana populer yang ada di sini diantaranya adalah Roller Coaster dan Ferries Wheel.

Asal nama Hillpark adalah karena salah satu tempat wisata di Medan ini berlokasi di sekitar pegunungan Sibolangit. Tertarik mengunjungi taman bermain ini? Anda bisa datang ke Jalan Letjen Jamin Ginting di Kabupaten Deli Serdang dan diharuskan membayar Rp 50.000 untuk tiket masuknya.

  1. Kebun Binatang Medan
Wisata Kebun Binatang Medan
Kebun Binatang Medan (c) winnymarlina.com

Kalau di Rahmat Gallery & Museum Anda menemukan koleksi ribuan satwa yang telah diawaetkan, di Kebun Binatang Medan akan menemukan versi hidupnya. Kebun binatang ini terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan Maimun.

Dengan biaya masuk sebesar Rp 10.000 dan dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00, Anda akan disambut oleh bermacam-macam satwa liarnya. Yang paling menjadi daya tarik tentu saja Harimau Sumatera yang keberadaannya saat ini sudah angat langka. Selain itu di sini juga ada wahana outbond dan taman bermain anak.

  1. Danau Siombak
Wisata  Danau Siombak
Danau Siombak (c) @jokoguntoro

Bila sempat datang ke Kecamatan Medan Marelan, Anda dapat menyempatkan diri untuk mengunjung salah satu destinasi wisata Medan yang ada di sana, yaitu Danau Siombak. Danau ini memiliki luas 40 hektar dan tercipta secara tidak sengaja setelah sebelumnya digunakan sebagai tempat galian tanah pada tahun 1980.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam dengan menyewa perahu atau sambil menikmati hidangan ikan segar yang banyak tersedia, tentu dihidangkan secara khas melayu. Danau ini memiliki air yang jernih dan bersih, jadi pasti akan memanjakan siapa saja yang datang berkunjung.

  1. Istana Maimun
Wisata Istana Maimun Medan
Istana Maimun Medan (c) Pegipegi.com

Bila tadi Anda sudah berkunjung ke Masjin Raya Kota Medan, jangan lupa untuk menyempatkan diri singgah di Istana Maimun karena letaknya sangat berdekatan, yaitu hanya sekitar 200 meter saja. Istana Maimun merupakan bekas Istana Kesultanan Deli yang dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Mahmud Al Rasyid.

Keindahan arsitektur kuno yang masih berdiri tegak hingga saat ini adalah hasil perpaduan gaya Melayu, Italia, Spanyol, India, Timur Tengah dan Islam. Bahkan istana ini digadang-gadang sebagai istana terindah di Indonesia. Istana ini terbagi menjadi tiga unsur bagian, yaitu bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan.

  1. Hairos Waterpark

Hairos Waterpark adalah salah satu tempat wisata Medan kota yang sangat tepat untuk Anda kunjungi dalam mengisi hari libur. Selain kolam renang, di sini juga tersedia berbagai wahana air seperti water dancing, waterboom, wave pool hingga kolam air terjun.

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 waktu setempat dengan biaya masuk sebesar Rp 50.000 pada hari libur dan Rp 35.000 pada hari biasa. terletak di Jalan Letjen Djamin Ginting km 14,5 Kota Medan.

  1. Museum Sumatera Utara

Ingin tahu banyak soal sejarah budaya dan adat di Sumatera Utara? Datang saja ke Museum Sumatera Utara yang terletak di Kota Medan ini, tepatnya di Jalan H.M. Jhoni no. 51. Berbagai benda peninggalan sejarah Sumatera Utara dipamerkan di sini.

Jumlahnya sekitar 6.799 koleksi yang terdiri dari peninggalan zaman kerajaan Hindu dan Budha hingga pada zaman penjajahan Belanda. Selain itu museum ini terdiri dari berbagai ruangan, di antaranya adalah ruangan untuk pameran utama, lalu ada ruang pameran yang sifatnya sementara hingga ruang audio visual.

  1. Taman Alam Lumbini
Wisata Taman Alam Lumbini Medan
Taman Alam Lumbini Medan (c) lovebanget.com

Taman Alam Lumbini merupakan replika Pagoda Shwedagon dari Myanmar yang sudah dibuka sejak tahun 2010. Memasuki taman ini Anda tidak akan dipungut biaya, alias gratis. Dengan luas sekitar 3 hektar Anda bisa bebas berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam dan kesejukannya. Tentu juga bisa menjadi salah satu tempat berfoto di Medan.

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Di penangkaran buaya ini Anda akan menemukan lebih dari 2.000 ekor buaya dengan brbagai ukuran. Mulai dari biaya berukuran biasa hingga yang besar dan ganas ada di sini. Namun jangan khawatir, karena semua prosedur keselamatan telah diperhitungkan. Anda aman berkunjung ke sini.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini memiliki luas sekitar 2 hektar yang membagi beberapa jenis buaya berdasarkan usianya. Masing-masing kandang dilapisi kawat dan terdapat rawa di tengahnya.

Penangkaran Buaya ini terletak di jalan Bunga Raya 2 no 54, Asam Kumbang Medan Selayang dengan biaya masuk hanya Rp 8.000 saat weekend dan Rp 6.000 saat week days. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 waktu setempat.

  1. Gedung London Sumatera
Wisata Gedung London Sumatera
Gedung London Sumatera (c) Medanwisata.com

Tertarik dengan wisata sejarah? Terutama pada masa-masa perjuangan melawan penjajahan, Gedung London Sumatera adalah salah satu yang wajib dikunjungi. Bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1906 oleh Harrisons & Crosfield, perusahan terkenal asal Inggris yang begitu berjada pada saat itu.

Setelah Belanda menguasai wilayah Nusantara, gedung ini kemudian diambil alih oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada saat itu, bangunan ini adalah bangunan pertama yang menggunakan ift di Kota Medan. Sampai sekarang sebenarnya gedung ini masih digunakan secara aktif sebagai tempat perkantoran.

Karena bangunan ini masih aktif dipakai, sebaiknya Anda datang pada hari libur sehingga tidak mengganggu aktivitas kantor. Gedung ini terletak di Jalan Ahmad Yani no 2 Kesawan, Medan Barat dan tidak dibebankan biaya untuk masuk, alias gratis.

  1. The Le Hu Garden Medan
Wisata The Le Hu Garden Medan
The Le Hu Garden Medan (c) swiss-belhotel.com

Ingin mencari tempat wisata di Medan yang romantis? The Le Hu Garden Medan adalah tempat yang tepat. Sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama pasangan karena di sini tersedia berbagai jenis bunga tropis yang cantik-cantik. Bahkan karena suasanya yang begitu romantis, banyak yang beranggapan tempat ini memiliki nuansa Bali yang kental.

The Le Hu Garden Medan adalah salah satu tempat wisata di Medan yang lagi hits dan ramai dikunjungi beragam pasangan karena suasananya yang sangat instagramable. Bukan hanya pemandangannya yang indah, di sini juga ada fasilitas lain seperti outbound, cafe hingga camping ground.

Tertarik berkunjung bersama pasangan? Anda bisa datang ke Jalan Pendidikan di Deli Serdang, berjarak sekitar 10 menit dari Kebun Bintanag Medan. Biaya masuknya hanya sebesar Rp 10.000 saja dan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 waktu setempat.

  1. Wonders Water World

Selain Hairos Waterpark, Medan juga punya tempat wisata air yang tidak kalah keren, yaitu Wonders Water World. Di sini Anda akan menemukan lima jenis seluncuran dengan ukuran yang berbeda-beda, mulai dari untuk anak-anak hingga untuk orang dewasa.

Masing-masing seluncuran memiliki nama yang beragam, di antaranya adalah Pipe Line, Tunnel Twister, Bullet Bowl, Super Loop dan Topsy Turvy. Dan dari semua itu, seluncuran yang paling difavoritkan adalah Super Loop, karena lebih menantang dan memacu adrenalin.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Wonders Water World, tempat wisata Medan ini terletak di Jalan Padang Golf CBD Polonia Kota Medan dengan biaya masuk sebesar Rp 80.000 per orang. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 18.00 waktu setempat.

  1. Taman Mora Indah

Satu lagi taman wisata air di Meda yang bisa Anda kunjungi, yaitu Taman Mora Indah. Selain tersedia kolam renang untuk dewasa dan anak, di sini juga fasilitas bermain lainnya seperti taman bermain anak dam flying fox. Khusus untuk kolam renang dewasa terdapat sebuah seluncuran dengan tinggi 20 meter yang akan menguji adrenalin.

Objek wisata Medan yang satu ini terletak di Jalan Sisingamangaraja, Bangun Mulia, Medan. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 18.00 waktu setempat. Bila ingin masuk, Anda hanya perlu membayar karcis sebesar Rp 5.000 saja.

Ada banyak tempat wisata di Medan yang bisa Anda kunjungi. Bukan hanya di kotanya saja, Kabupaten di sekitarnya juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menarik. Jadi bila Anda berkesempatan berkunjung, jangan lewatkan untuk mampir ke beberapa tempat wisata ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *